JAMBORE SANITASI

The Best Team Leader di Jambore Sanitasi Nasional 2013

| 2013-09-28, by admin

     Jambore Sanitasi merupakan puncak dari kampaye publik mengenai sanitasi, yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008 (Tahun Sanitasi Internasional), kemudian tahun 2010, 2011, 2012, dan tahun 2013 merupakan tahun kelima pelaksanaan Jambore Sanitasi.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan sanitasi, guna mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat melalui peran aktif anak-anak sebagai kelompok pengaruh.

Pada Jambore Sanitasi  2013 kali ini diadakan di Jakarta. Peserta Jambore Sanitasi adalah 198 siswa-siswi SMP para pemenang lomba karya tulis penyuluhan dan poster dari 33 provinsi  di seluruh Indonesia, serta 66 orang pendamping yang berasal dari Dinas PU dan Dinas Pendidikan  Provinsi. Dalam event Jambore Sanitasi  2013 ini  peserta yang ikut sebagai Duta Sanitasi untuk mewakili Jawa Tengah  terdapat dua siswa yang berasal dari SMP Negeri 1 Grogol atas nama Leon Alvinda Putra siswa kelas 9C dan Rizki Nur Putra Perdana siswa kelas 8G. Sebagai pendamping dari siswa tersebut adalah ibu Mulyani dan ibu Hermin Susilo , yaitu guru SMP Negeri 1 Grogol yang ditunjuk oleh provinsi Jawa Tengah. Mereka berdua termasuk dalam tim Jawa Tengah Jambore Sanitasi 2013 setelah berhasil mengalahkan rekan-rekan kompetitornya dalam seleksi di Semarang. Dan salah satu dari siswa SMP Negeri 1 Grogol berhasil memperoleh prestasi yang membanggakan sebagai The Best Team Leader Presentasi Praktek Kerja Lapangan atas nama  Leon Alvinda Putra.

Pada kegiatan Jambore Sanitasi 2013 diadakan “Gema Indonesia Peduli Sanitasi”, yaitu penampilan atraksi  gerak dan  lagu sanitasi, yang diikuti 1.750 anak SD se-DKI Jakarta dan para Duta Sanitasi dengan atribut topi topi daur ulang di Ecopark Ancol untuk memecahkan rekor MURI.  Pada Jambore Sanitasi 2013 dilakukan pula kegiatan Praktik Kerja Lapangan di desa  Tanjung Pasir sebagai bentuk nyata proses pembelajaran sesungguhnya yang menjadi tambahan bekal sebagai Duta Sanitasi  untuk dapat membantu Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi dalam melaksanakan kampanye sanitasi di daerah masing-masing.

Sebagai puncak acara adalah kegiatan Silaturahmi sekaligus Penobatan Duta Sanitasi Nasional oleh Ibu Negara, yang merupakan acara paling dinanti-nantikan oleh para Duta Sanitasi , karena dapat bertatap muka langsung dan beramah-tamah dengan ibu Ani Yudhoyono.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s